0812 8036 6669 - 0878 8646 7555

Jl. Enggang 2 No. 124 Perumnas 1 - Bekasi Toko Jual Botol ASI Kaca Tutup Karet Online Pin BB : 742B9048

Tantangan Yang di Hadapi Ibu Menyusui

tantangan ibu menyusui 150x150 Tantangan Yang di Hadapi Ibu MenyusuiTantangan yang di hadapi ibu menyusui, bagi ibu baru menyusui bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan, namun bukan hal yang mustahil juga untuk di lakukan. Jika kondisi bayi dan ibu normal saat proses menyusui, maka momen ini akan menjadi momen yang sangat di tunggu oleh ibu baru. Namun sebaliknya, jika proses menyusui merasa menyakitkan akan membuat ibu baru merasa kurang nyaman, sehingga menyusui bisa menjadi trauma tersendiri bagi ibu.

 

Berikut beberapa tantangan yang dihadapi oleh ibu menyusui:

Baby blues

Sindrom yang juga dikenal sebagai Postpartum Distress Syndrome. Hal ini menyebabkan ibu yang baru melahirkan merasa gundah gulana dan sedih berlebihan. Biasanya terjadi pada dua minggu pertama pasca melahirkan. Jika sudah lewat dari dua minggu segera konsultasi kan dengan dokter langkah apa yang harus diambil agar ibu tidak terus – terusan depresi dan berhenti menyusui.

 

Puting melesak kedalam

Hal ini umumnya disebut dengan puting datar. Pada dasarnya bagaimana pun bentuk puting yang ibu miliki, ibu akan tetap bisa menyusui. Asalkan ibu tahu teknik nya, pelajari teknik perlekatan yang benar saat menyusui. mulut bayi harus penuh melahap areola payudara, bukan hanya pada puting payudara ibu.

 

Tongue – tied

Lidah terikat merupakan kelainan bentuk frenulum tali lidah. Pada kondisi normal tali lidah seharusnya tidak terikat agar bayi dapat menyusu dengan lancar. Biasanya bayi yang lidahnya terikat akan menyusu dalam waktu yang lama, namun terlihat tak kunjung kenyang. Berat badan bayi cenderung tidak bertambah, karena ketidak mampuan bayi untuk melekat pada payudara ibu. Hal ini membuatnya tidak bisa menstimulasi payudara ibu untuk mengeluarkan ASI secara maksimal.

 

Meogok menyusu

Kondisi seperti ini dapat terjadi secara tiba – tiba di usia berapa pun. Ada beberapa penyebab seperti tumbuh gigi, hidung tersumbat. Bahkan ada juga penyebabnya tidak diketahui dengan pasti, dapat berlangsung 2 -5 hari bahkan ada juga yang sampai sebulan. Lakukan skin to skin contact. Berikanlah ekstra pelukan dan belaian kepada bayi pada saat bayi menolak menyusu.

 

Other articles you might like;

pin it button Tantangan Yang di Hadapi Ibu Menyusui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose
Toko Bunga Online Botol Kaca Asi Botol Kaca Asi Botol Kaca Asi Botol Kaca Asi Botol Kaca Asi Botol Kaca Asi Botol Kaca Asi Percetakan Jakarta Murah Toko Bunga Jakarta